15 February 2014

Sejarah ayam Pelung

Ayam Pelung


ayam pelung
Ayam Pelung adalah plasma nutfah asli Indonesia

Bunikasih , nama salah satu Kampung di Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Kampung ini terletak di kaki Gunung Gede, dengan udara sejuk dan dikelilingi area pesawahan yang luas serta di aliri sungai-sungai yang berair jernih. Sejak Tahun 1700-an di Kampung ini terdapat Pesantren Bunikasih yang di pimpin oleh KH Muhammad Soheh dan mempunyai Santri/Anak Didik dengan jumlah banyak yang datang dari berbagai Daerah , terutama dari sekitar Cianjur, Jawa Tengah  dan Daerah Banten untuk belajar dan menuntut ilmu keagamaan . Sekitar tahun 1850-an , seorang Ulama dan ahli Kebathinan yang bernama Mama Djarkasih ketika pergi keladang untuk bercocok tanam, beliau menemukan seekor anak Ayam yang turundul (Berbulu Jarang). Kemudian, Beliau menbawa dan memelihara Ayam tersebut . Setelah dewasa, Ayam ini ternyata berbeda dengan Ayam kampung pada umumnya, yaitu bersuara sangat panjang dan besar serta berirama merdu.
 Banyak orang yang kagum pada suara dan tubuhnya yang gagah tinggi besar. Mereka kemudian menyebutnya dengan sebutan Ayam Pelung. Mama Djarkasih kemudian mengawinkan dengan ayam betina yang berbadan besar agar ayam yang bersuara merdu ini mempunyai keturunan yang unggul. Para Santri yang berasal dari Daerah lain setelah menyelesaikan pendidikan di Pesantren Bunikasih itu banyak yang membawa keturunan kawinan Ayam Pelung tersebut sebagai oleh-oleh ketika pulang ke Daerah masing-masing. Karna suaranya yang panjang dan merdu, di sertai postur tubuh tinggi dan besar menyiratkan sosok yang gagah, pada masa itu Ayam Pelung banyak di pelihara dan di jadikan sebagai hewan kesayangan para Bangsawan, Pejabat dan ulama, bahkan dari tahun ke tahun perkembangan dan penyebaran ayam pelung ini tidak terbatas pada kalangan bangsawan saja namun di minati dan di pelihara oleh masyarakat kebanyakan. Sejak saat itu selain di Cianjur, ayam pelung telah menyebar dan berkembang ke daerah-daerah lain di Jawa Barat seperti Sukabumi, Bandung, Bogor, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Sumedang, DKI Jakarta, Tanggerang dan Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan ke seluruh pelosok nusantara. Pada tahun 1976 atas dorongan Bupati Cianjur saat itu Bapak Ir. H. Adjat Sudrajat Sudiraharja dan kepala Dinas peternakan Cianjur Ir. H Dedi Sobandi beserta para tokoh ayam pelung diantaranya H.Bustomi, H.Jaelani, H.Wasid, Anang Sungkawa, Mualim Dadang dan tokoh lainnya mendirikan HIPPAP (Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung) di Cianjur. Organisasi ini bersipat lokal dan kegiatanya terbatas di lingkup Cianjur merupakan cikal bakal terbuntuknya HIPPAPI.
     Sesuai dengan perkembangannya yang pesat, pada tahun 1992 atas prakarsa Prof.Dr.Ir.H Gunawan Satari, Msc. HIPPAPI Sebagai organisasi dan wadah para peternak dan penggemar ayam pelung di cianjur, berubah menjadi Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Setelah berubah sekala organisasinya menjadi sekala Nasional yang di ikuti oleh terbentuknya HIPPAPI Provinsi dan HIPPAPI kabupaten atau cabang.

Main Ads HIPJAT

Cari